Inilah Sosok Manusia Terbaik Setelah Rasulullah




Inilah Sosok Manusia Terbaik Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam

Semua shahabat mengakuinya! Bahwa Abu Bakr Ash Shiddiq adalah manusia terbaik di zaman nabi. Beliau radhiyallahu 'anhu adalah orang terbaik kedua setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Hal ini pernah disampaikan Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, 

"Kami (para sahabat) pernah menilai orang terbaik di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka kami mendapati yang terbaik adalah Abu Bakar radhiyallahu anhu, kemudian Umar bin Khattab radhiyallahu anhu, kemudian Utsman bin Affan, mudah-mudahan Allah meridhai mereka semua." (HR. Al Bukhari). 

Bahkan penilaian tersebut juga disepakati oleh Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu. Ketika menantu dan sepupu nabi itu ditanya oleh putranya, Muhammad bin Al Hanafiyyah*, jawaban beliau pun serupa dengan apa yang disampaikan Ibnu Umar.

Diriwayatkan dari Muhammad bin Al Hanafiyyah, ia berkata, "Aku bertanya kepada ayahku, siapa orang terbaik setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka ia menjawab, 'Abu Bakar.' Aku pun bertanya lagi, 'Kemudian siapa setelah itu?' Ia menjawab, 'Kemudian Umar.' Maka aku khawatir ia akan menjawab Utsman setelah itu, maka aku pun segera memotongnya, 'Kemudian engkau?' Ia menjawab, 'Aku hanyalah seseorang dari kaum muslimin'." (HR. Al Bukhari).


*Muhammad bin Al Hanafiyyah memiliki nama asli Muhammad bin Ali bin Abi Thalib. Ia adalah putra Ali dari Khaulah bin Ja'far yang dinikahi setelah wafatnya Fathimah radhiyallahu 'anha.


----- 

BERKISAH SIRAH  

Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ 

Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ 

Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG 

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...