Kisah dibalik Ungkapan 'La Tahzan, Innallaha Ma'ana'




Kisah dibalik Ungkapan 'La Tahzan, Innallaha Ma'ana'


Inilah kata-kata indah dari lisan nabi, yang diabadikan dalam Al Qur'an Al Karim. Allah berfirman, 

“Salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya, 'Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita'." (QS. At Taubah: 40).

Nabiyullah shallallahu 'alaihi wasallam melisankannya di saat genting, ketika sedang bersembunyi di dalam gua karena kaum kafir Quraisy mengejar dan hendak membunuh beliau.

Kata-kata menyejukkan itu, diucapkan nabi kepada teman perjalanan hijrah beliau, Abu Bakr Ash Shiddiq radhiyallahu 'anhu: "Laa tahzan, innallaha ma'ana." (Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan "Jangan bersedih", bukan "Jangan takut". Dalam kondisi situasi di kejar musuh, pastilah pada umumnya manusia merasa takut. Namun mengapa beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan jangan bersedih?

Ternyata, itu disebabkan Abu Bakr yang memang tidak merasa takut, melainkan sedih. Bukannya takut dikejar musuh, Abu Bakr radhiyallahu 'anhu justru merasa sedih kalau-kalau terjadi suatu hal buruk pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Ia lebih memikirkan keselamatan nabi daripada dirinya sendiri, karena kecintaannya yang besar kepada Rasulullah. Masya Allah.

Kata-kata indah nabi kepada Abu Bakr, menjadi kata mutiara menyejukkan bagi kita, umat beliau, hingga hari ini. Ketika musibah berat melanda, janganlah bersedih, karena Allah selalu menemani.


Note: Kisah lengkap perjalanan Abu Bakr saat menemani Rasulullah hijrah, ada di postingan berikutnya insya Allah.


----- 

BERKISAH SIRAH  

Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ 

Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ 

Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG 

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...