Tiga Ayat Al Qur'an yang Mengabadikan Kisah Abu Bakr

 



Tiga Ayat Al Qur'an yang Mengabadikan Kisah Abu Bakr radhiyallahu 'anhu


Sedikitnya terdapat tiga ayat Al Qur'an yang mengabadikan kisah Abu Bakr radhiyallahu 'anhu.


1. QS. At-Taubah: 40

Ayat ini tentang kisah terkenal Abu Bakr yang menemani Rasulullah saat hijrah ke Madinah. Kisah ini terukir indah di dalam kitabullah. Rabb Ta'ala berfirman, "Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allâh telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: 'Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allâh beserta kita'." (QS. At-Taubah: 40)


2. QS. Al Baqarah: 271

Allah Azza wa Jalla berfirman, "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali, jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu." (QS. Al Baqarah: 271)

Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan dari jalan ‘Amir asy-Sya’bi rahimahullah, bahwa ayat ini turun berkaitan dengan kisah "perlombaan" sedekah yang dilakukan Abu Bakr dan Umar bin Khaththab.

Umar memberikan setengah hartanya, lalu datang Abu Bakr  memberikan seluruh hartanya seraya mengatakan,”Aku tinggalkan untuk mereka (yakni keluarga Abu Bakr) Allah dan Rasul-Nya.” Maka Umar bin Khattab mengatakan, "Selamanya, aku tidak akan dapat mengalahkannya dalam hal apapun." (HR Tirmidzi). 


3. QS. Al Lail: 17-21

Di dalam Al Qur'an, Allah juga mempersaksikan ketakwaan dan keikhlasan Abu Bakr. Rabb Ta'ala berfirman, "Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu, Yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya, Padahal tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, Tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridaan Tuhannya Yang Maha Tinggi. Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan” (QS. Al Lail: 17-21)

ketika menafsirkan ayat ini, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di berkata bahwasanya asbabun nuzul ayat ini adalah berkaitan dengan Abu Bakr Ash Shiddiq (Tafsir As Sa'di).


----- 

BERKISAH SIRAH  

Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ 

Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ 

Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG 

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...