Pekerjaan dan Bisnis Rasulullah Sebelum Menjadi Nabi


Kehidupan usaha Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam:


1. Menjadi Penggembala

Seluruh nabi dan rasul pernah bekerja sebagai penggembala. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda setelah Allah muliakan beliau dengan kenabian. "Tidaklah seorang nabi pun melainkan ia pernah hidup menggembala kambing."


2. Menjadi Pedagang

Diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdagang bersama As Saib bin Abus-Saib. Rasulullah merupakan rekan terbaiknya. Tidak pernah saling curang dan saling berselisih.


3. Menjadi Pengusaha

Khadijah radhiyallahu 'anha, wanita Quraisy yang biasa memberikan modal kepada para pedagang, mendengar reputasi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang dikenal sebagai Al Amin. Khadijah pun menawarkan modal kepada beliau. Modal yang diberikan bahkan lebih banyak dari yang biasa ia berikan.

Dari modal tersebut, berangkatlah nabi ke Syam. Ia pergi bersama budak Khadijah, Maisarah (dalam bahasa arab, Maisarah adalah nama seorang pria). Rasulullah berniaga di Syam dan memperoleh laba yang besar. Beliau mendapatkan berkah dari harta Khadijah yang belum pernah dicapai oleh siapapun sebelumnya.

Rasulullah kembali ke Makkah dan menunaikan amanahnya kepada si pemodal, yakni Khadijah.


#berkisahsirah #berkisah #berkisahuntukanak #pendidikananak #pendidikananakusiadini #pendidikananakmuslim #anakmuslim #aktivitasanak #sirahnabawi #sirahnabawiyyah #kisahislam #kisahdalamalquran #islamicparenting #parentingislami #parenting #aktivitasramadhan #kisah #story #onedayonesirah #kisahislami #kisahrasulullah

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...