QUIZSIRAH: DUA MASJID YANG PERTAMA KALI DIBANGUN, masjid apa itu?




Negeri Islam memiliki banyak sekali masjid indah. Dalam sejarah, ada dua masjid yang pertama kali dibangun di muka bumi. Masjid apakah itu?



Jawaban:
Dua masjid yang pertama kali dibangun yaitu Masjid Al Haram di Makkah, Arab Saudi dan Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina. Masjidil Haram dibangun oleh Nabi Ibrahim, sedangkan Masjidil Aqsha dibangun oleh Nabi Sulaiman. Hal ini seperti yang dikabarkan Rasulullah.

Dari Abu Dzar radhiallahu ‘anhu, ia bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Masjidil Haram.” Lalu Abu Dzar kembali bertanya, “Kemudian masjid mana lagi?” Rasulullah menjawab, “Kemudian Masjidil Aqsa.”

Abu Dzar bertanya lagi, “Berapa jarak (tahun dibangunnya) kedua masjid itu?” Rasulullah menjawab, “Empat puluh tahun. Kemudian di mana pun (waktu) shalat menjumpaimu, maka shalatlah, karena keutamaan ada padanya,” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

#berkisahsirah#quizsirah #sirahnabi #kisah #kisahislam #kisahislami #sejarahislam #masjid #sejarahmasjid #arsitekturmasjid #ramadhan2018 #ramadan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanaks #parenting #parentingislami #11ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...