13 Ramadhan; Gugurnya SULTAN MURAD I Pemimpin Emparium Turki Utsmani






Umat ini pernah memiliki seorang sultan yang gagah berani, bijaksana, cerdas, dan jago bertarung. Ialah Sultan Murad I, pemimpin ketiga Emparium Turki Utsmani.

Sang sultan sangat cerdas membangun kemiliteran umat. Karenanya ia dengan mudah membuka wilayah-wilayah Romawi. Sebut saja Anatolia, Ankara, dan wilayah di sekitar Konstantinopel. Lebih dari wilayah seluas 400 ribu km persegi ia buka dan dijadikan wilayah muslimin. Masya Allah, sungguh tangguh ya Sultan Murad I.

Namun, setelah melewati sebanyak 37 pertempuran, Sultan Murad I harus menemui ajalnya. Di perang jihadnya yang ke-38, Sultan tertusuk pisau beracun. Itu pun bukan karena kelengahannya, melainkan karena kebaikan hatinya.

Saat itu perang berlangsung di tanggal 13 Ramadhan 791 Hijriyyah (sumber lain mengatakan 15 Sya’ban), tentara muslimin meraih kemenangan melawan tentara Serbia. Itulah perang yang dikenal dengan nama Perang Kosovo.

Saat peperangan usai, Sultan tak langsung pulang. Ia menyempatkan diri untuk berkeliling medan pertempuran. Ia hampiri setiap jenazah pasukan muslimin, lalu mendoakannya. Ia mencari para tentara yang terluka agar segera mendapat perawatan.

Lalu ia mendapati salah seorang tentara Serbia yang masih bernyawa, namun luka-luka. Ia nampak meminta bantuan kepada sang sultan. Bukannya mundur, Sultan Murad I justru menghampirinya dan hendak menolongnya. Namun ternyata tentara Serbia tersebut menikam sang sultan dengan sebilah pisau yang telah dilumuri dengan racun.

Inna lillahi wainna ilahi raji’uun... Saat itulah sang sultan wafat dan meninggalkan duka bagi rakyatnya.

#berkisahsirah #sirah #kisah #kisahislam #kisahislami #sejarahislam #turkiutsmani #sultan #turki #ramadhan2018 #ramadan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanaks #parenting #parentingislami #13ramadhan


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...