FAKTA UNIK: Mamluk berawal dari Budak




Tahukah kakak, Mamluk merupakan kaum yang berasal dari para budak loh. Namun mereka bukanlah sembarang budak. Mereka merupakan budak yang sangat loyal hingga dipercaya memegang senjata. Mereka berasal dari kaum Kipchak Turki dan bergabung dengan pasukan muslimin.

Karena kehebatan mereka dalam berperang, Mamluk pun berstatus tinggi dan sangat dihargai dan dihormati. Mereka bahkan disebut-sebut sebagai “Penguasa Sejati”.
Mamluk membangun sebuah kesultanan di Mesir dan dikenal dengan Dinasti Mamluk. Inilah salah satu kesultanan yang dimiliki umat Islam.

Nah, selain di Mesir, Kaum Maluk juga membangun peradaban Islam di daerah lain loh. Ada yang tahu dimana?

Lokasinya bukan di Timur Tengah lok kak. Ada yang tahu dimana?

Selain di Mesir, Dinasti Mamluk juga ada di India. Dinasti tersebut dibangun oleh kaum Mamluk, yakni Qutbuddin Aybak. Itulah kesultanan Islam yang pernah ada di negeri Hindu.

Masya Allah... Meski berstatus budak, Kaum Mamluk sangat hebat ya. Karena itu, jangan pernah merendahkan orang lain ya Kak. Jika ada teman yang lebih rendah nilainya, lebih lemah fisiknya, lebih pendek tubuhnya, tak memiliki uang, tak punya mainan, atau bahkan teman faqir yang meminta-minta... jangan sampai kita merendahkan mereka.

Justru sebaliknya, kita bantu teman yang kesulitan. Daaan, jangan lupa, beri mereka kesempatan untuk ikut bergabung bermain bersama.

#berkisahsirah #sejarahislammodern #sajarahmesir #mamluk #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #parenting #parentingislami #islamicparenting  #4ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...