[4 Ramadhan] Baibars, Sang Sultan Mamluk yang Hebat





Ada yang kenal dengan Saladin? Ya, nama Saladin atau Shalahudin Al Ayyubi sangat terkenal dalam sejarah Islam. Nama beliau begitu tenar karena berhasil memenangkan pasukan muslim saat Perang Salib.

Namun tahukah kakak, ada sosok lain yang juga tak kalah hebat dari Saladin. Ia merupakan pemimpin muslim yang juga berjasa saat Perang Salib. Ialah Al Malik Az Zahir Ruknuddin Baibars Al Bunduqdari. Atau lebih dikenal dengan Baibars  (Baybars).

Sebagaimana Saladin, Baibars juga panglima perang muslimin dari Mesir loh kak. Hanya saja, Baibars berasal dari Dinasti Mamluk. Ia juga lahir di era setelah wafatnya Saladin. Jika diibaratkan, Baybars lah yang meneruskan perjuangan Saladin.

Selain merebut kembali Antakya ke dekapan Islam (seperti kisah di postingan sebelumnya), ada perjuangan lain loh yang dilakukan Baibars. Ia berhasil mengalahkan pasukan salib ke-7, memenangkan pertempuran Ain Jalut, merebut kembali Akka ke wilayah Islam, mengalahkan pasukan Armenia di Sisillia, serta mengalahkan Pasukan Salib ke-9. Masya Allah, keren kan!

Baibars dikenal sangat tangguh dalam kemiliteran. Pasukannya berasal dari bangsa Mamluk yang mahir memegang senjata.

Selain sebagai panglima perang, Baibars juga bersatus sebagai sultan dari Dinasti Mamluk. Kakak tahu Dinasti Mamluk? Dinasti tersebut merupakan kesultanan Islam yang lahir di Mesir setelah runtuhnya Dinasti Ayyubiyyah. Nah, Dinasti Ayyubiyyah ini didirikan oleh Saladin.
Dinasti Mamluk merupakan penguasa Mesir sebelum akhirnya negeri Pyramid itu bergabung dengan Emparium Turki Utsmani.

#berkisahsirah #sejarahislammodern #sajarahmesir #mamluk #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #parenting #parentingislami #islamicparenting  #5ramadhan


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...