Ramadhan 4; Antakya Kembali Ke Dekapan Islam




Antakya, sebuah kota subur di mediterania, berkali-kali direbutkan beragam bangsa. Inilah kota terbesar di era Kekaisaran Romawi yang saat ini berada di Provinsi Hatay, Turki.

Antakya disebut Antioch oleh Bangsa Barat, dan disebut Antakiyyah oleh bangsa Arab. Kota yang indah ini menjadi negeri muslim di masa Khalifah Ar Rasyidin.

Sayangnya, Antakya direbut Kekaisaran Byzantium di era Dinasti Umayyah. Sejak itulah Antakya diperebutkan banyak bangsa.

Antakya pernah dikuasai para pemberontak Armenia. Lalu di abad ke-11, Orang Turki Seljuk berhasil merebut dan menguasai Antakya. Tak berakhir sampai di situ, di era Perang Salib, Antakya menjadi wilayah yang diduduki tentara salib.

Hingga kemudian di abad ke-13, tepatnya di awal Bulan Ramadhan 666 Hijriyyah, Kesultanan Mamluk yang dipimpin Baibars mengepung Antakya. Di tangga 4 Ramadhan, mereka pun berhasil  mengalahkan Pasukan Salib. Walhamdulillah, Kota Antakya pun kembali ke dekapan Islam.

Hingga kini, Antakya pun menjadi bagian dari negara Turki modern.

#berkisahsirah #sejarahislammodern #sejarahturki #antakya #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #parenting #parentingislami #islamicparenting  #4ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...