7 Ramadhan; Masjid Jami Al Azhar Berdiri




Ramadhan menjadi saksi berdirinya sebuah rumah Allah, yang kelak menjadi pusat ilmu pengetahuan Islam seantero dunia. Tepat pada 7 Ramadhan 361 Hijriyyah, Masjid Jami Al Azhar resmi dibuka. Hari itu, pertama kalinya suara adzan diserukan, shalat jamaah didirikan, muslimin Mesir dibuat bangga.

Masjid tersebut berdiri di masa kekhalifahan Dinasti Fathimiyyah. Sosok dibalik pembangunan masjid megah itu ialah Jawhar Ash Shaqli.

Tahukah kakak, mengapa masjid yang menjadi pusat peradaban Islam itu disebut dengan Al Azhar?

Usut punya usut.... Ternyata itu adalah kata jamak dari Az Zahra. Ya, Az Zahra adalah gelar yang diberikan untuk Fathimah putri Rasulullah.

Sekitar 16 tahun setelahnya, di kompleks masjid tersebut didirikan salah satu kampus Islam tertua dunia. Benar! Itu adalah Universitas Al Azhar Kairo. Ada yang ingin kuliah di sana?

#berkisahsirah #sejarahislam #alazhar #kairo #mesir #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #parenting #parentingislami #islamicparenting  #7ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...