Kisah Menakjubkan Rasulullah dan Doa Beliau untuk Kabilah Tsaqif





Dalam postingan sebelumnya, disebutkan tentang jasa Muhammad bin Al Qasim dalam mengislamkan Pakistan. Tahukah kakak, Al Qasim berasal dari kabilah Tsaqif. Kabilah ini pernah melukai Rasulullah lok kak. Namun Al Qasim seakan bukti terijabahnya doa Rasulullah untuk kabilah tersebut. Loh kok bisa? Bagaimana kisahnya? Dengarkan baik-baik ya kak...

Suatu hari, Rasulullah pergi berhijrah ke wilayah Thaif. Di wilayah tersebut, tinggal sebuah kabilah Arab yang dikenal dengan Kabilah Tsaqif. Ketika Rasulullah tiba di Thaif, ternyata orang-orang Tsaqif mengusir beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.

Jibril yang menyaksikan pengusiran tersebut berkata kepada Rasulullah,
“Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan kaummu kepadamu dan penolakan mereka terhadapmu. Dan Allah telah mengirimkan malaikat penjaga gunung untuk engkau perintahkan melakukan apa saja yang engkau mau atas mereka.”

Malaikat penjaga gunung pun menyapa Rasulullah,  “Wahai Muhammad! Jika engkau mau, aku bisa menimpakan Akhsabain.”

Namun Rasulullah sangatlah pemaaf lagi baik hati. Beliau menjawab, “(Tidak perlu) Aku berharap agar Allah melahirkan dari anak keturunan mereka orang yang beribadah hanya kepada Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan apapun.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Masya Allah, harapan Rasulullah benar terjadi. Lebih dari satu abad kemudian, anak keturunan Kabilah Tsaqif, yaitu Muhammad bin Al Qasim, menjadi orang yang beriman dan bertakwa, bahkan menegakkan kalimat syahadat di bumi hindustan.

Jadi kak, hendaknya kita menjadi seseorang yang pemaaf. Jika dilukai atau disakiti teman, maafkanlah ia. Doakan ia agar sadar dari kesalahannya dan menjadi seorang yang saleh. Bisa?


#berkisahsirah #sirahnabawiyyah #sirahnabawi #muhammadalqasim #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #parenting #parentingislami #islamicparenting  #6ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...