16 Ramadhan; Sejarawan Islam, AL MAQRIZI, Meninggal Dunia





Tepat di tanggal 16 Ramadhan 845 Hijriyyah, seorang cendekiawan muslim, Al-Maqrizi meninggal dunia. Ia merupakan sejarawan besar yang pernah dimiliki umat ini. Wah, seperti apa ya sosoknya?

Al-Maqrizi lahir di Kota Kairo, Mesir. Sebetulnya ia bernama Taqiyudin Ahmad bin Ali bin Abdul Qadir Al-Ba’li. Namun, ia lebih dikenal dengan nama Al-Maqrizi karena keluarganya berasal dari Al-Maqarizah, sebuah desa di kawasan Ba’labak, Lebanon.

Ia sangat gigih dalam menelusuri ilmu sejarah dan geografi. Dari kegigihannya itu, ia memiliki banyak sekali karya. Buku yang paling terkenal bertajuk Al-Mawa’izh wa al-I’tibar fi Dzikri al-Khattath wa al-Atsar. Buku tersebut berisi pengetahuan lengkap tentang Mesir, peninggalan kuno dan sejarah raja-raja yang pernah memimpin negeri Piramida.

Ia juga memiliki sejumlah karya lain yang sebagian besar membahasa sejarah Mesir. Jumlah seluruh karyanya bahkan lebih dari 200 buku! Keren!

Karya-karya Al-Maqrizi sangat terkenal di Barat, loh kak. Buku-bukunya diterjemahkan banyak bahasa dan diterbitkan oleh penerbit Barat. Mahasiswa ilmu sejarah di Barat biasa mempelajari karya-karya Al Maqrizi sebagai literatur dan rujukan.

#berkisahsirah #sirah #tarikhislam #sejarahislam #ramadhan2018 #ramadhan #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #ilmuwanmuslim #cendekiawanmuslim #almaqrizi #sejarah #islam #kisahislam #kisahinspiratif #16ramadhan


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...