1 Ramadhan: Muslimin Pertama Kali Menginjakkan Kaki di Andalusia (Bagian 1)


 




Asslamu'alaykum Bunda dan Ayah, cobalah #berkisahsirah untuk ananda tentang cerita nyata nan heroik ini. Asahlah keberaniannya dan buat si mungil bangga menjadi seorang muslim.

Tanggal 1 Ramadhan hari ini... Lebih dari 14 abad lalu... Muslimin menorehkan peristiwa yang sangat bersejarah dalam perkembangan Islam terutama di Eropa.

Tepatnya pada tanggal 1 Ramadhan tahun 91 Hijriyyah, umat Islam menginjakkan kaki pertama kali di tanah Andalusia. Kakak tahu di mana Andalusia?

Andalusia merupakan daerah di Eropa yang kini telah menjadi negara Spanyol.

Muslimin berangkat ke Andalusia dari tanah Afrika. Gubernur Afrika Musa bin Nushair lah yang memiliki ide untuk menyebarkan Islam ke Eropa. Sang gubernur meminta izin kepada Amirul Mu'minin kala itu, Khalifah Al Walid bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah, untuk menyebarkan agama Islam Andalusia. Setelah mendapat izin, Gubernur Musa pun mengirim sekitar 500 pasukan muslimin yang dipimpin Thariq bin Ziyad.

Nah, di antara 500 pasukan itu, ada 100 pasukan yang terpilih menunggang kuda. Mereka adalah pasukan kavaleri muslimin yang sangat gagah.

Pemimpin pasukan tersebut ialah Tharif bin Malik. Ia juga dikenal dengan nama kunyah Abu Zur'ah. Pasukan inilah yang lebih dahulu berangkat ke Andalusia guna melihat kondisi masyarakat di sana.

Tahukah kakak, Tharif merupakan orang bar-bar Afrika loh. Namun ia sangat cekatan dalam berperang. Ia pun berhasil membawa pasukannya menuju Selat Gibraltar lalu singgah di Pulau Baluma yang berada di pantai selatan Spanyol. Pulau itu pun kemudian dinamai dengan Pulau Tarifa.... Waaah... Nama Tarifa pastilah diambil dari nama Tharif sang panglima kavaleri muslimin.

Tharif dan pasukannya tiba di pulau itu tepat pada tanggal 1 Ramadhan.
Ketika muslimin tiba, Andalusia merupakan negeri yang terbengkalai. Warganya dilanda kemiskinan karena raja yang berkuasa sangat zalim. Ialah Raja Roderick yang memimpin Andalusia saat itu.

Kondisi Andalusia sangat berbeda dengan negeri muslim yang kaya lagi makmur. Karena itulah, begitu muslimin tiba, warga Andalusia mengharapkan kesejahteraan. Mereka berharap muslimin dapat menghapus kezaliman dan kemiskinan yang mereka rasakan.

Wah, lalu apa yang terjadi ya... Lanjut di post berikutnya ya...

(Harap izin dan cantumkan sumber @berkisahsirah untuk menyalin dan menyebarkan naskah kisah)

#berkisahsirah #sirahnabi #sirahnabawi #sirahshahabat #tarikhislam #sejarahislam #sejarah #dinastiumayyah #andalusia #spanyol #islamdieropa #tharifbinmalik #thariqbinziyad #ramadhan2018 #ramadhan #kisahramadhan #sejarahramadhan #1ramadhan



You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...