1 Ramadhan: Muslimin Pertama Kali Menginjakkan Kaki di Andalusia (Bagian 2)





Tharif pun melaporkan segala kondisi Andalusia kepada pemimpin pasukan Thariq bin Ziyad. Ia kemudian membuat jalan untuk jalur masuk pasukan inti tersebut. Nah beberapa bulan setelahnya, pasukan Thariq bin Ziyad pun berhasil membuka Andalusia dan menjadikannya bagian dari negeri muslim.

Sejak peristiwa tersebut, Islam menjadi bagian dari Spanyol selama 8 Abad loh kak. Bukan waktu yang singkat. Banyak peradaban Islam yang ditorehkan di Andalusia, mulai dari pembangunan hingga pendidikan. Banyak pula ilmuwan dan cendekiawan muslim yang lahir di sana lalu menorehkan beragam ilmu pengetahuan untuk dunia. Saat menjadi negeri muslim, Andalusia atau Spanyol amat sangat makmur dan modern di banding negara Eropa lain. Keren kan!

Saat ini, Spanyol tak lagi menjadi negeri muslim. Huhu, sedih ya. Tapi, masih ada jejak-jejak Islam yang ada di sana loh kak. Bisa sebutkan?

(Harap izin dan cantumkan sumber @berkisahsirah untuk menyalin dan menyebarkan naskah kisah)



#berkisahsirah #sirahnabi #sirahnabawi #sirahshahabat #tarikhislam #sejarahislam #sejarah #dinastiumayyah #andalusia #spanyol #islamdieropa #tharifbinmalik #thariqbinziyad #ramadhan2018 #ramadhan #kisahramadhan #sejarahramadhan #1ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...