Kisah Syaits, Putra dan Penerus Dakwah Nabi Adam


Syaits, Putra Shalih Penerus Dakwah

Syaits artinya pemberian Allah. Nabi Adam dan Hawa memberikan nama itu setelah insiden Habil dan Qabil. Abu Dzar menuturkan, "Allah menurunkan 104 shahifah (lembaran berisi wahyu-pen), 50 di antaranya Allah turunkan kepada Syaits." (HR. Ibnu Hibban. Namun dalam sanadnya terdapat perawi yang dikenal pendusta).

Muhammad bin Ishaq menyatakan, “Nabi Adam berwasiat kepada anaknya, Syaits, mengajarkan padanya siang dan malam hari, mengajarkan ibadah apa saja yang disyariatkan pada saat itu, dan mengabarkan kepadanya bahwa akan terjadi banjir besar.”

Setelah Nabi Adam meninggal dunia, Syaits pun meneruskan tugas keagamaan ayahanda. Menurut Ibnu Hibban, Syaits bahkan diangkat menjadi seorang nabi. Allahu’alam.



Keturunan Syaits Putra Nabi Adam hingga Nabi Idris ‘alaihissalam

Setelah Nabi Adam 'alaihissalam meninggal dunia, tugas keagamaan dijalankan putranya, Syaits. Setelah Syaits meninggal, tugas keagamaan digantikan putranya, Anusy, lalu sepeninggalnya digantikan putranya, Qanin.

Sepeninggal Qanin, tugas diemban oleh putranya, Mahyalil (atau Mahlayil) yang dipercaya bangsa Persia bahwa ia adalah penguasa tujuh kawasan. Dia lah yang pertama kali menebang pohon, membangun kota dan benteng-benteng besar. Dia pula yang membangun Kota Babilonia dan Kota Sus Al-Aqsha (yakni sebuah wilayah di Khurasan).

Setelah Mahyalil meninggal dunia, tugas keagamaan digantikan putranya, Yarid. Kemudian saat sekarat, Yarid berwasiat kepada anaknya, Khanukh. Menurut riwayat yang masyhur, Khanikh adalah Nabi Idris ‘alaihissalam.

Rujukan: Qashashul Anbiya karya Ibnu Katsir



Alhamdulillah, usai sudah kita membahas Kisah Nabi Adam ‘alaihissalam. Jika ada yang terluput setiap kisah kehidupan sang bapak manusia sejak beliau tercipta, silahkan buka kembali feed Instagram kami. Poster warna jingga adalah kisah para nabi. Bisa pula kunjungi website kami di berkisahsirah.com. 


#berkisahsirah #kisah #kisahnabi #kisahrasul #nabidanrasul


----- BERKISAH SIRAH Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...