Perjalanan Pertama Rasulullah ke Luar Negeri



Di usia remaja, nabi sudah melakukan perjalanan bisnis hingga luar negeri. Meski bersama sang paman, perjalanan nabi menjadi awal mula pengalaman bisnis beliau kelak.

Kemana Rasulullah pergi perjalanan bisnis pertama kali?

Ialah Syam, di bagian utara tanah arab.

Wilayah Syam sangatlah luas. Di masa modern, wilayah ini masuk wilayah Palestina, Suriah, Yordania, dan Lebanon.

Adapun Kota Bushra (Basrah) saat ini merupakan wilayah Damaskus, Suriah.

Jarak Kota Makkah ke Bushra sekitar 1.272 km. Jarak antara dua kota ini menjadi perhatian khusus karena terdapat hadits nabi yang menyebutkan bahwasanya itulah jarak antara pintu surga. .

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Jarak antara dua daun pintu surga itu seperti jarak antara Makkah dan Himyar atau sebagaimana jarak antara Makkah dan Bashrah.” (HR. Al Bukhari)


Nantikan kelanjutan kisah perjalanan nabi di post berikutnya.


#berkisahsirah #berkisah #berkisahuntukanak #pendidikananak #pendidikananakusiadini #pendidikananakmuslim #anakmuslim #aktivitasanak #sirahnabawi #sirahnabawiyyah #kisahislam #kisahdalamalquran #islamicparenting #parentingislami #parenting #aktivitasramadhan #kisah #story #onedayonesirah #kisahrasulullah

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...