Nama Asli Abu Bakar Ash-Shidiq

 


Nama Asli Abu Bakar Ash-Shidiq radhiyallahu 'anhu

Abu Bakr merupakan nama kunyah shahabat yang paling utama dan yang paling dekat dengan nabi. Nama asli Abu Bakr, menurut pendapat yang shahih, adalah Abdullah. Lebih lengkapnya:

Abdullah bin ‘Utsman bin ‘Amir bin ‘Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taiym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay Al Qurasyi At Taimi.

Adapun makna Abu Bakr ialah ayahnya si gadis. Sebagaimana diketahui, Abu Bakr merupakan ayah dari Ummul Mukminin Aisyah, dan sebagaimana yang diketahui pula, 'Aisyah merupakan satu-satunya istri nabi yang gadis. Seluruh Ummahatul Mukminin dinikahi nabi dalam kondisi janda, kecuali Aisyah radhiyallahu 'anha.

Selain nama lahir dan nama kunyah, Abu Bakr radhiyallahu 'anhu juga memliki beberapa julukan, yakni ‘Atiq (عتيق) dan Ash Shiddiq (الصدِّيق). Dijuluki 'Atiq karena sang khalifah pertama memiliki paras yang tampan dan berwajah cerah. Adapun julukan Ash Shiddiq diberikan oleh Rasulullah karena beliau radhiyallahu anhu selalu membenarkan nabi dengan keimanan yang sangat kuat, termasuk membenarkan kabar isra' mi'raj.

Di pagi hari setelah malam Isra Mi’raj, orang-orang kafir berkata kepada Abu Bakr, "Temanmu itu (Muhammad) mengaku-ngaku telah pergi ke Baitul Maqdis dalam semalam." Abu Bakr  radhiyallahu 'anhu pun menjawab, “Jika ia berkata demikian, maka itu benar”

Allah Ta’ala pun menyebut beliau sebagai Ash Shiddiq dan mengabadikannya di dalam Al Qur'an. Rabb Ta'ala berfirman, “Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan yang membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa” (QS. Az Zumar: 33).


----- 

BERKISAH SIRAH  

Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ 

Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ 

Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG 

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...