Bukan 'Sekedar' Memakan Buah, Ini Penyebab Nabi Adam Keluar dari Surga



Bukan 'Sekedar' Memakan Buah, Ini Penyebab Nabi Adam Keluar dari Surga

Kisah Adam-Hawa keluar dari surga pastinya sangat familiar ya bunda & ayah. Bahkan anak-anak kita mungkin sudah sangat mengenal kisah tersebut.

Tapi tahukah bunda & ayah, ada satu hal yang mungkin luput saat kita berkisah tentang keluarnya Adam dan Hawa dari Surga. Yakni tentang bagaimana keduanya bisa memakan buah terlarang.

Nabi Adam alaihissalam tidak serta merta melanggar larangan Allah. Pun dengan ibunda Hawa. Keduanya hamba Allah yang taat lagi shalih, selalu menaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, selalu beramal saleh dan meninggalkan perbuatan dzalim. Mereka pun tidak mudah tergoda bisikan iblis, kecuali karena iblis mengatakan sesuatu atas nama Allah, iblis bersumpah atas nama Allah.

Iblis berdusta bahwa Allah berkata demikian dan demikian. Nabi Adam pun mempercayainya, karena yang beliau pahami adalah= tak akan ada ciptaan yang berani berdusta atas nama penciptanya. Tak akan ada yang berani bersumpah mengatas namakan Allah Rabb Al Alamin.

Terkejutlah Nabi Adam ketika tahu bahwasanya Iblis berdusta atas nama Allah. Betapa kagetnya sang bapak manusia ketika mendapati bahwa semua ucapan iblis adalah dusta, ia berani membawa nama Allah dalam dustanya, buah itu tetap terlarang dan tidak mengekalkannya di surga.

Demikianlah kisah yang shahih, insyaAllah. bunda & ayah, berkisahlah pada anak dengan kisah yang penuh hikmah. Jangan sampai dari kisah kita, anak justru memahami yang salah.

Seperti kisah ini misalnya. Bukanlah Nabi Adam memakan buah terlarang karena perilaku dzalim, bukan pula karena ia mudah tergoda bisikan iblis, bukan pula karena hawa nafsu ingin kekal di surga. Beliau alaihissalam memakannya karena sumpah iblis yang mengatasnamakan Allah. Iblis dengan jahatnya mengelabuhi Adam dan Hawa hingga akhirnya keduanya diturunkan ke bumi. 


Allahu ta'ala a'lam.


----- 

BERKISAH SIRAH  

Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ 

Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ 

Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG 

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...