Rasulullah Sang Pemaaf




Sungguh tak ada seorang pun di dunia ini yang begitu murah hati lagi pemaaf seperti Rasulullah. Momen Fathul Makkah menjadi salah satu peristiwa yang mengungkap betapa nabi kita amat sangat pemaaf.

Di awal perencanaan menuju Makkah, beliau telah membuat sebuah strategi rahasia. Yakni dengan mengirim seorang shahabat, abu Qatadah, untuk menuju wilayah Idham yang sangat jauh dari Madinah. Hal itu dilakukan agar kaum kafir Makkah menduga, Rasulullah hendak mengirim pasukan ke sana.

Padahal sebetulnya, Rasulullah diam-diam mempersiapkan 10 ribu pasukan menuju Baitullah. Sayangnya, ada seorang bernama Hatib bin Abi Baltah yang hendak membongkar rahasia tersebut. Ia mengutus seseorang untuk mengirimkan surat kepada pemuka quraisy yang kafir di Kota Makkah.

Rasulullah kemudian mendapat berita dari langit tentang pengkhianatan Hatib. Beberapa shahabat pun diutus untuk mengambil surat tersebut. Benarlah surat itu ditemukan hingga membuat geram shahabat. Hatibpun segera dibawa ke hadapan Rasulullah.

“Apa ini wahai Hatib,” tanya Rasulullah tanpa emosi.

Hatib pun beralasan ingin melindungi saudaranya di Makkah.

Namun para shahabat tahu itu hanyalah alasan. Hatib sebetulnya telah berkhianat dan berada di pihak kaum kafir.

Umar bin Khaththab yang ada di sana pun sangat geram karena pengkhianatan Hatib. Umar pun meminta izin kepada Rasulullah untuk menghukum mati Suhaib.

Namun apa yang diucapkan Rasulullah? Ternyata beliau melarangnya karena Suhaib pernah turut serta dalam perang Badr. Masya Allah, padahal yang dilakukan Suhaib dapat membuat gagal rencana besar Fathul Makkah. Namun Rasulullah begitu mudahnya memaafkan Suhaib dan justru menyebut kebaikannya yang bergabung dalam pasukan Badr.

Kebaikan hati Rasulullah ini pun membuat Umar bin Khaththab menangis. Ia terharu dengan sifat pemaaf Rasulullah.

Masya Allah.... Rasulullah memang keren ya kak. Patutlah beliau menjadi teladan umatnya. Kita sebagai umat Rasulullah pun seharusnya mengikuti sifat beliau yang agung. Jika ada teman yang berbuat salah, maafkanlah ia dan berilah ia nasihat agar selalu berbuat baik.

#berkisahsirah #sirahnabi #sirahbabawiyyah #fathulmakkah #umarbinkhaththab #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #kisahinspiratif #parenting #parentingislami #10ramadhan



You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...