9 Ramadhan; Proklamasi Kemerdekaan RI





MasyaAllah, ternyata hari ini, 73 tahun yang lalu, masyarakat Indonesia bersuka cita di Bulan Ramadhan. Proklamasi didengungkan Bung Karno pertama kali tepat di tanggal 9 Ramadhan. Penduduk tanah air berpuasa sekaligus menjadi warga merdeka.

Upacara bendera pertama kali dihelat di hari itu. Namun saat itu upacara berlangsung sederhana. Tak ada protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan kemeriahan lain. Suasana sangat hening dan sakral.

Tahukah kak, ada peristiwa unik yang terjadi saat hari proklamasi. Ibu Fatmawati, istri Bung Karno, menjahit bendera yang terlalu kecil. Ia kemudian mencari kain yang lebih besar. Karena waktu sudah mepet, ia pun mendapat kain putih dari spreinya. Namun ibu pertama negara itu kesulitan mendapat kain merah. Tahukah kak, di mana kain itu didapatkan? Ternyata kain merah itu milik seorang penjual soto. Hihihi. Kalau si tukang soto tahu kainnya digunakan untuk bendera negara, pasti dia sangat bangga ya.

#berkisahsirah #sejarahislam #sejarahindonesia #kemerdekaanindonesia #faktaunik #faktasejarah #ramadhan2018 #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #kisahislam #parenting #parentingislami #islamicparenting #indonesia #nkri #9ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...