17 Ramadhan; Wafatnya Aisyah binti Abu Bakr




Bukan hanya bulan kemenangan banyaknya peperangan, Ramadhan pula menjadi bulan penghabisan kenangan para tokoh Islam.

Ya, Ramadhan menjadi bulan wafatnya para wanita shalehah di sisi Rasulullah. Khadijah binti Khuwailid istri pertama Rasulullah, meninggal di Bulan Ramadhan. Demikian pula Fathimah dan Ruqayyah binti Rasulillah, meninggal di bulan yang penuh berkah. Selain mereka, Aisyah binti Abu Bakr Ash-Shiddiq, wanita yang paling dicintai Rasulullah, juga meninggal di Bulan Ramadhan.

Setelah hidup cukup lama pasca wafatnya Rasulullah, Aisyah menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke-57 atau 58 Hijriyyah. Ialah wanita yang paling faqih, paling paham tentang agama. Ialah wanita yang disebut Rasulullah ibarat tsarid (makanan terenak) di antara semua makanan.

Sepanjang hayatnya setelah Rasulullah tiada, Aisyah menjadi guru bagi banyak shahabat dan tabi’in. Beliau meriwayatkan banyak sekali hadits Rasulullah. Dari Aisyah-lah, muslimin dapat mengetahui kehidupan Rasulullah sebagai seorang suami dan ayah.

#berkisahsirah #sirah #sirahnabawiyyah #sirahnabawi #sirahshahabiyyah #aisyah #sejarahislam #ramadhan2018 #ramadan #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #ramadan #kisahislam #kisahinspiratif #17ramadhan


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...