Sejarah Islam di Maroko: Pintu Gerbang Penyebaran Islam ke Eropa



Maroko tengah menjadi sorotan dunia. Terlepas dari ajang apapun, mari kita mengenal negeri yang dikenal sebagai titik mula penyebaran Islam ke Eropa.

Para sejarawan muslim di era kekhalifahan Islam menjuluki MAROKO dengan "Al-Maghrib Al-Aqsa." Saat ini, Maroko dikenal dengan sebutan "Kerajaan Maroko" atau "Al-Mamlakah Al-Maghribiyah"  

Ingat sejarah tariq bin ziyad? Panglima islam pertama yang menaklukkan tanah eropa? Tariq membuka Andalusia melalui maroko. Maroko adalah pintu gerbang masuknya Islam ke Eropa.


AWAL SEJARAH ISLAM DI MAROKO

Maroko dahulu adalah negeri berber. Pada tahun 683 M, Islam datang melalui Uqbah bin Nafi'. Beliau adalah salah satu panglima besar dalam sejarah Islam. 

Uqbah berangkat dari Mesir menerjang gurun pasir, juga hutan rimba. Pemuda Quraisy tersebut diutus oleh Gubernur Mesir, yang juga paman beliau, Amr bin Al-Ash radhiyallahu 'anhu.

Uqbah dan pasukan muslimin datang ke tanah Maroko, kemudian  disambut gembira oleh warga Al-Maghribi.

Bukan hanya Maroko, Uqbah juga berhasil menyebarkan Islam ke Tunisia, Libya, hingga ke pantai Atlantik

Ketika Uqbah bin Nafi’ menaklukkan Afrika Utara, di dalam pasukannya terdapat 25 orang shahabat Rasulullah.

Sebagian shahabat menetap di beberapa kota besar. Mereka mengajarkan Alquran dan agama Islam kepada orang-orang Berber.


PERAN PENTING MAROKO DALAM SEJARAH ISLAM

Posisi Maroko berada di garis pantai yang sangat panjang di Samudera Atlantik. Dengan posisi strategis tersebut, Maroko menjadi tempat bersejarah sebagai titik keberangkatan pasukan muslimin menuju fase baru sejarah Islam. Ialah Penaklukkan Eropa.


Demikianlah sejarah Islam di Maroko. Dahulu, Maroko adalah pintu gerbang pasukan muslimin menuju tanah Eropa. Dakwah Islam tersebar hingga Barat, melalui negeri Al-Maghribi.

Semoga, kini, negeri itu pula mengambil peran yang sama dalam mengenalkan Islam ke "bangsa Islamophobia", terlebih lagi, mengenalkan Islam kepada dunia.

Wallahu ta'ala a'lam.




Referensi:
Islamstory.com
Kisahmuslim.com
Khazanah Republika
The Great Arab Conquest
History of the Arabs

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...