Empat Kisah Ujian Hidup dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi



Setiap Jumat, kita membaca surat Al-Kahfi. Mari renungi empat kisah istimewa di surat tersebut.

Terdapat empat kisah dalam surat Al-Kahfi yang memberi hikmah tentang ujian kehidupan. Ialah:


  1. Ujian Agama: Kisah Ashabul Kahfi

  2. Ujian Harta: Kisah Pemilik dua kebun

  3. Ujian Ilmu: Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir alaihimassalam.

  4. Ujian Jabatan: Kisah Dzulqarnain.


Dalam Sirah Rasulullah, tiga dari empat kisah tersebut dikisahkan Allah sebagai penguat nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebelum perintah hijrah ke Madinah. Maka hasilnya, kisah-kisah tersebut bukan hanya menguatkan nabiyullah, melainkan para shahabat radhiyallahu ‘anhum.


Berikut empat kisah istimewa yang tentunya bisa dibaca lebih rinci dalam Al-Qur’an, terlebih dalam tafsir para ulama. Di bawah ini hanyalah versi ringkasnya.


1. KISAH ASHABUL-KAHFI


Sekelompok pemuda mengasingkan diri untuk menyelamatkan iman. Sebab raja dan masyarakat kala itu melakukan kemusyrikan.

Mereka berlindung di sebuah gua. Seekor anjing menjaga di depan pintunya.

Allah menidurkan mereka selama 309 tahun. Saat terbangun, tubuh mereka utuh. Pun tubuh anjing mereka. Alhamdulillah, Raja dan masyarakat di masa itu telah beriman kepada Allah Ta'ala.


2. KISAH PEMILIK DUA KEBUN


Seorang pria memiliki dua kebun anggur yang sangat subur. Di sekelilingnya tumbuh pula pohon-pohon kurma. Bahkan, di celah antara dua kebun, mengalir sungai yang selalu mengairi kebunnya.

Pria itu angkuh, merasa bahwa kebunnya adalah hasil jerih payanhnya. Seorang kawan menasihati agar tak mendustakan nikmat Ilahi. Namun pria itu justru menghina kawannya yang fakir.

Malam berlalu, pria itu mendapati kebunnya hancur di keesokan pagi.

"Aduhai kiranya dulu aku tidak mempersekutukan Tuhanku," sesalnya tak berguna lagi.


3. KISAH NABI MUSA DAN NABI KHIDIR


Nabi Musa mencari Nabi Khidir untuk menuntut ilmu yang tidak beliau miliki. Saat berjumpa, Nabi Khidir mensyaratkan agar Nabi Musa tidak berkomentar sebelum diberi penjelasan hikmahnya.

Namun di perjalanan, ada tiga peristiwa yang dilakukan Khidir yang diingkari oleh Nabi Musa:

  1. Khidir membocorkan perahu.

  2. Khidir membunuh seorang bocah.

  3. Khidir membetulkan dinding  rumah dan tidak meminta upah.

Ternyata ada rahasia di balik semua peristiwa. Hal yang buruk dilakukan Khidir ternyata justru ada kebaikan besar dibaliknya.


4. KISAH DZULQARNAIN


Raja Dzulqarnain menjelajahi penjuru bumi dari timur hingga barat dunia. Ia berlabuh di banyak tempat kemudian mendakwahi warga di sana. 

Lalu di suatu negeri, Raja Dzulqarnain diminta untuk mengatasi Ya'juj Ma'juj biang kerusakan. Ia pun berdakwah sebelum memberi bantuan. Agar para penduduk menyembah Allah Ta'ala.

Raja Dzulqarnain kemudian membangun pintu besi yang menutup pegunungan tempat tinggal Ya'juj dan Ma'juj. Mereka pun terkurung di dalamnya tak bisa keluar. Kelak, Ya'juj dan Ma'juj berhasil membobol pintu itu jelang kiamat tiba.



Demikian empat kisah luar biasa dalam surat Al-Kahfi. Yun Bunda dan Ayah, pelajari lebih dalam lagi dengan membaca surat setiap Jum’at, juga membaca tafsirnya. Setelah itu, mulailah berkisah kepada ananda tentu dengan memperhatikan usianya. 


Berkisah untuk Ananda tentang Kisah dalam Surat Al-Kahfi

Pilah dulu keempat kisah di atas ya Bunda dan Ayah. Sesuaikan usia anak, mana yang lebih dulu dikisahkan dan mana yang ditunda hingga anak usia tamyiz dan bisa mengerti kisah yang kompleks seperti dalam Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir. 


Wallahu a’lam.


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...