Inilah Jasa Besar Abu Bakr Ash-Shiddiq Selama Menjadi Khalifah




Setelah menjabat sebagai khalifah, beliaulah yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap seluruh negeri Islam. Tercatat sejumlah reputasi beliau yang gemilang, di antaranya,

  1. Instruksinya agar jenazah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam diurus hingga dikebumikan.

  2. Melanjutkan misi pasukan yang dipimpin Usamah bin Zaid. Pasukan ini telah dipersiapkan Rasulullah sebelum wafat. Namun karena usia Usamah yang masih muda, para shahabat meragukannya hingga terjadi perselisihan tentang dilanjutkannya misi pasukan tersebut.

  3. Kebijakannya menyatukan persepsi seluruh sahabat untuk memerangi kaum murtad.

  4. Menumpas kaum murtad dan mengatasi muslimin yang enggan berzakat.

  5. Pada tahun 12 H, Abu Bakar memerintahkan Zaid bin Tsabit agar mengumpulkan Al-Qur'an dari berbagai tempat penulisan, baik yang ditulis di kulit-kulit, dedaunan, maupun yang dihafal dalam dada kaum muslimin. Peristiwa itu terjadi setelah para Qari' penghafal Al-Qur'an banyak yang terbunuh dalam peperangan Yamamah.

  6. Pengiriman pasukan untuk menyebarkan Agama Allah kepada bangsa-bangsa yang bertetangga dengan kaum muslimin baik kepada penduduk Persia maupun penduduk Syam, dalam rangka merealisasikan firman Allah, "Hai orang-orang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan dari padamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa." (At-Taubah: 123).

  7. Terciptanya negeri yang adil. Umar berkata, "Sejak aku menjabat sebagai Qadhi di peradilan, selama sebulan penuh aku duduk menganggur tídak satupun terjadi persengketaan antara dua orang."

Masya Allah, betapa mengagumkan kepemimpinan Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu. Semoga Allah merahmati beliau, keluarga beliau, dan membalas jasa beliau terhadap agama ini. Aamiin aamiin.


You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...