Mengenal Kakek Rasulullah, Syaibah Abdul Muthalib bin Hasyim



Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lahir dari keluarga yang istimewa. Bukan hanya dari Quraisy, suku terbaik bangsa Arab, beliau pula berasal dari bani terbaik suku tersebut, yakni Bani Hasyim.

Ayah beliau, Abdullah merupakan pria "kebanggaan" karena akhlaknya yang baik. Bahkan kakek nabi, Abdul Muthalib, juga pria yang dihormati karena kepemimpinannya.

Abdul Muthalib merupakan putra Hasyim dari seorang ibu luar biasa. Hasyim menikah dengan Salma, seorang wanita Yatsrib (Madinah) dari Bani 'Adi bin An Najjar. Ibunya adalah wanita yang tangguh lagi tegar. Saat hamil, Salma kehilangan suami tercinta. Hasyim meninggal di perjalanannya menuju Syam. Tepatnya di Kota Gaza, kini Palestina. 

Salma melahirkan seorang putra yang diberi nama Syaibah karena ada uban di kepalanya. Syaibah tumbuh besar di tengah keluarga ibunya. Sementara keluarga Hasyim di Makkah tak tahu menahu tentang si bungsu putra Hasyim.

Ketika usia 8 tahun, Syaibah dijemput Muthalib, pamannya dari keluarga Hasyim. Ia pun dibawa ke kota Makkah. Setiba di Makkah, orang-orang tak tahu perihal putra Hasyim. Mereka mengira Syaibah adalah budaknya Muthalib. Karena itulah ia pun dikenal dengan nama Abdul Muthalib. 

Syaibah atau Abdul Muthalib pun tumbuh besar di Makkah dan menjadi pemimpin Quraisy yang bijaksana. 

Ia ditaati, dihormati, dijuluki Fayyad (yang murah hati) karena kedermawanannya.

Ia gemar memberi makan fakir miskin, binatang liar, bahkan burung-burung.

Ia lah yang menemukan kembali sumur zamzam yang hilang bertahun-tahun lamanya karena ditimbun suku Jurhum saat mereka pergi dari Makkah.

Ialah yang bernegosiasi dengan Abrahah si raja tentara bergajah.

Ialah yang melindungi nabi dan mengasuhnya dengan penuh cinta dan kasih.

Ialah yang memberi nama "Muhammad" dan yakin betul cucunya akan menjadi orang besar. 

Ialah Abdul Muthalib, kakek kesayangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.


#berkisahsirah #berkisah #berkisahuntukanak #pendidikananak #pendidikananakusiadini #pendidikananakmuslim #anakmuslim #aktivitasanak #sirahnabawi #sirahnabawiyyah #kisahislam #kisahdalamalquran #islamicparenting #parentingislami #parenting #kisah #story #onedayonesirah

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...