Kisah Iblis yang Pernah Baik dan Kejahatannya Pada Nabi Adam



Kisah Iblis yang Pernah Baik dan Kejahatannya Pada Nabi Adam

Sebelumnya dikisahkan, bahwasanya Iblis ditugaskan Allah untuk "membersihkan" bumi dari para jin yang gemar berbuat kerusakan lagi menumpahkan darah.

Ia berhasil menjalankan tugas tersebut dengan sangat baik, hingga mendapat kedudukan penting di antara makhluk langit, termasuk malaikat.

Namun setelah itu, ternyata Allah hendak menciptakan makhluk lain sebagai khalifah atau pengganti penghuni bumi. Ialah manusia, dan Adam lah manusia pertama.

Dalam proses penciptaan Adam, Allah menaruh sang nabi di dekat pintu surga. Saat itu, Adam alaihissalam masih berbentuk tanah liat layaknya tembikar. Iblis kemudian melihatnya dan menghampirinya. .

Serta merta ditendanglah tubuh Nabi Adam. Iblis dengan kesombongan dan kedudukannya yang agung itu berkata, “Makhluk apakah ini?!! Kalau kamu diberi kekuasaan terhadap diriku, aku akan menentangmu. Kalau aku yang diberi kekuasaan terhadap kamu, pasti aku menindasmu."

Demikianlah yang disebutkan dalam riwayat yang dinukil dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma.

Itulah kejahatan awal iblis kepada Nabi Adam. Ketika Adam telah terbentuk sempurna, lalu diajarkan nama-nama benda, Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk sujud kepada Adam. Iblis dengan kesombongannya (karena kedudukannya yang mulia) tentu saja menolak.

Ia pun diusir dari barisan malaikat yang mulia. Kedudukannya dicabut. Tak hanya itu, iblis juga diusir dari surga, diubah fisiknya menjadi buruk rupa dan hatinya dipenuhi kejahatan. Wallahu a'lam bish shawab.

.

----- 

BERKISAH SIRAH  

Kunjungi web kami: https://www.berkisahsirah.com/ 

Follow Instagram @berkisahsirah : https://www.instagram.com/berkisahsirah/ 

Join Grup Telegram: https://t.me/joinchat/EaY3JZtGi_MGYCIG

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...