2 Ramadhan: Lahirnya Bapak Sosiologi Islam IBNU KHALDUN







Tanggal 2 Ramadhan, pada abad ke-14, di Tunisia, lahir seorang ilmuwan muslim yang namanya dikenal seantero dunia. Ia adalah Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Al Hasan bin Jabi bin Khaldun Al Hadhrami, atau lebih dikenal dengan Ibnu Khaldun.

Sang ilmuwan kita ini berdarah Arab-Eropa, loh kak. Sebetulnya, nenek moyang Ibnu Khaldun berasal dari Hadramaut (Yaman). Ia bahkan disebut-sebut memiliki silsilah keluarga yang sampai pada Rasulullah. Maksudnya, Ibnu Khaldun masih merupakan keturunan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Keluarga Ibnu Khaldun pindah ke Kota Sevila di Spanyol ketika Yaman dilanda peperangan. Namun, ketika Spanyol direbut oleh penguasa Kristen Eropa, keluarga Ibnu Khaldun pun pindah ke Tunisia. Di sanalah Ibnu Khaldun lahir. Saat dewasa, Ibnu Khaldun terus saja berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain. Hal ini disebabkan banyaknya peperangan yang terjadi.

Dari pengalamannya itulah, Ibnu Khaldun berkesempatan meneliti aspek sosiologi masyarakat di negeri-negeri yang ia singgahi. Ia pun menjadi sosiolog pertama yang dimiliki umat ini.

Ibnu Khaldun pun menjadi pakar sosiologi yang diakui dunia. Karyanya bahkan dibaca dan diikuti para sosiolog Eropa, loh. Keahliannya di bidang sosiologi kemudian membuat Ibnu Khaldun dijuluki Bapak Sosiologi Islam. Keren, kan?

Kakak tahu apa itu sosiologi? Itu loh kak, ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat. Jadi, kalau kakak belajar sosiologi, kakak akan belajar tentang bagaimana perilaku antar manusia, bagaimana manusia membangun budaya, bagaimana mereka berpolitik, bagaimana masyarakat membangun peradaban, dan lain sebagainya. Tertarik mengikuti jejak Ibnu Khaldun dan menjadi profesor sosiologi masa kini?

Sumber: “35 Kisah Inspiratif Ilmuwan Muslim”

#berkisahsirah #sirah #tarikhislam #sejarahislam #ramadhan2018 #ramadhan #kisahramadhan #sejarahramadhan #aktivitasramadhananak #anakmuslim #aktivitasramadhan #aktivitasanak #mendongeng #berkisah #berkisahbukanmendongeng #ilmuwanmuslim #cendekiawanmuslim #ibnukhaldun #sosiologi #islam #kisahislam #kisahinspiratif #parenting #parentingislami #islamicparenting #tipsparenting  #2ramadhan

You Might Also Like

0 comments

Inilah Gambaran Telaga Rasulullah Al Haudh

Kelak, di Hari Kiamat, terdapat telaga milik Rasulullah shallalhu 'alaihi wasallam. Muslimin akan berbondong-bondong ke sana dan disambu...